GIZI SEIMBANG

GIZI SEIMBANG UNTUK ANDA

Informasi tentang gizi seimbang ini dimaksudkan untuk penderita HIV secara umum  yang tidak bergejala atau berkomplikasi  dan dimaksudkan untuk memelihara asupan gizi yang cukup dan seimbang untuk mempertahankan berat badan dan kualitas kesehatan dan hidup yang baik. Pedoman ini tidak jauh berbeda dengan pedoman gizi seimbang bagi kalangan umum.
Hasil gambar untuk gizi seimbang
Mengapa gizi yang seimbang penting untuk anda?
Gizi yang baik dan seimbang akan memberikan banyak mamfaat untuk anda:
1.    mempertahankan dan memperkuat ketahanan tubuh anda dari serangan berbagai penyakit dan kuman yang penting untuk memproleh kualitas hidup yang baik
2.    mencegah kehilangan berat badan yang berlebihan dan kurang gizi yang bisa memperberat penyakit anda
3.    membantu proses bekerjanya obat antiretroviral dalam tubuh anda
4.    membantu mencegah atau meringankan gejala-gejala seperti lemah fisik, mual-muntah, diare, dan berbagai kelainan metabolisme dalam tubuh seperti gula darah yang tinggi, lemak darah yang tinggi seperti kolesterol.

Apa itu gizi yang seimbang?
Gizi yang seimbang adalah gizi yang mengandung semua kelompok zat gizi dalam jumlah yang cukup untuk keperluan tubuh agar bisa mempertahankan fungsi-fungsinya dengan baik. Kelompok zat gizi yang dimaksud adalah: karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Konsumsi yang cukup zat-zat gizi ini harus disertai pula dengan konsumsi air yang cukup yaitu dua liter  atau 8 gelas sehari.

Bagaimana kita memperoleh gizi yang seimbang?
Tak ada satupun  bahan makanan yang mengandung  semua zat gizi secara  sempurna oleh karena itu kita dianjurkan untuk menkonsumsi makanan yang beragam setiap hari untuk memperoleh zat-zat gizi yang diperlukan. Dengan menkonsumsi aneka ragam makanan, kekurangan zat gizi pada satu bahan makanan bisa ditutupi oleh bahan makanan yang lain.
Bahan makanan yang kita makan bisa dibagi menjadi tiga kelompok utama menurut fungsinya dalam tubuh:

1.      Sumber zat tenaga yaitu bahan makanan dari padi-padian, umbi-umbian serta tepung-tepungan. Bahan makanan dalam kelompok ini biasanya menjadi makanan pokok sehari-hari yang mengandung banyak karbohidrat sebagai sumber tenaga. Dalam piramida makanan, bahan makanan ini terletak di dasar piramida (lihat gambar). Kita dianjurkan untuk makan dari golongan ini sebanyak 3-8 sajian (serving) perhari yang disesuaikan dengan aktivitas kita. Orang yang bekerja berat seperti kuli mungkin membutuhkan lebih banyak sehari dibanding orang yang kerja kantoran atau tidak terlalu aktif. Pada penderita HIV-AIDS telah diketahui bahwa kebutuhan mereka akan asupan makanan meningkat karena perubahan fisiologis yang terjadi dalam tubuh yang menuntut asupan energi yang lebih. Oleh karena itu mereka dianjurkan makan lebih banyak untuk mempertahankan berat badan dan kesehatan yang optimal.
Satu sajian (serving) atau satuan penukar setara dengan ¾ gelas nasi, ¾ gelas nasi jagung, 2 gelas bubur beras. Daftar selengkapnya bisa dilihat dibawah ini:

2.      Sumber zat Pengatur, yaitu makanan dari buah dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk keperluan pengaturan fungsi-fungsi dalam tubuh. Makanan golongan ini terletak di tengah pyramid dank ita dianjurkan untuk mengkonsumsi 2-3 sajian sayuran perhari dan 3-5 sajian buah perhari. Satu sajian sayuran kira-kira sebanyak satu gelas sayuran dibawah ini setelah ditiriskan:
Baligo
Kacang kapri
Kool
Bayam
Kangkung
Kucai
Biet
Katuk
Labu siam
Buncis
Kecipir
Labu waluh
Bunga kol
Ketimun
Lobak
Cabe ijo
Daun kacang panjang
Daun kecipir
Daun bawang
Daun labu siam
Daun lenca
Daun mangkokan
Daun melinjo
Daun pakis
Daun papaya
Daun singkong
Daun talas
Daun ubi
Daun waluh
Jagung muda
Jantung pisang
Jamur segar
Kacang panjang
Oyong
Pare
Pecai
Pepaya muda
Rebung
Sawi
Slada
Sledri
Tauge
Tekokak
Terong
Tebu terubuk
Tomat
Wortel


Satu sajian buah-buahan setara dengan ½ buah apel, 1 potong sedang papaya. Daftar selengkapnya bisa dilihat dibawah ini:
Bahan
Makanan

URT
Berat
gram
Alpokat
½
bh bsr
50
Anggur
10
bj
75
Apel
½
bh sdg
75
Belimbing
1
bh bsr
125
Duku
10
bh
75
Durian
3
bj
50
Jambu air
2
bh sdg
100
Jambu biji
1
bh bsr
100
Jambu bol
1
bh kcl
75
Jeruk manis
2
bh sdg
100
Kedongdong
1
bh bsr
100
Manngga
½
bh sdg
50
Melon
1
ptg bsr
150
Nangka
3
bj
50
Nanas
1/6
bh sdg
75
Pepaya
1
ptg sdg
100
pisang ambon
1
bh sdg
50
pisang susu
1
bh sdg
50
Rambutan
8
bh
75
Salak
1
bh bsr
75
Sawo
1
bh sdg
50
Semangka
1
ptg bsr
150
Sirsak
1
ptg sdg
75

3.  Sumber zat pembangun, yaitu makanan sumber zat protein  yang berasal dari kacang-kacangan, lauk pauk seperti ikan dan daging serta hasil olahannya dan susu serta produk olahannya. Makanan ini terdapat pada bagian atas (kedua dari puncak) piramida makanan. Kita dianjurkan mengkonsumsi 2-3 sajian kacang-kacangan ,  2-3 sajian ikan atau daging dan 2-3 sajian susu atau produk olahannya perhari untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan protein dan kalsium. Satu sajian ikan dan daging setara dengan tiap jenis bahan makanan di dalam daftar ini:
Bahan
Makanan

URT
Berat
Gram
Babat
2
Ptg
60
Bakso daging
10
Bj kcl
100
Daging ayam
1
Ptg sdg
50
Daging sapi
1
Ptg sdg
50
Hati sapi
1
Ptg sdg
50
Ikan asin
1
Ptg kcl
25
Ikan segar
1
Ptg sdg
50
Ikan teri
2
Sdm
25
Keju
1
Ptg sdg
30
Telur ayam kampong
2
Btr
60
Telur ayam negri
1
Btr bsr
60
Telur bebek
1
Btr
60
Udang basah
¼
Gls
50
Telur puyuh
5
Btr kcl
60

Sementara satu sajian kacang-kacangan setara dengan tiap jenis bahan makanan di dalam daftar berikut:
Bahan
Makanan

URT
Berat
gram
Kacang ijo
Sdm
25
Kacang kedele
Sdm
25
Kacang merah
Sdm
25
Kacang tanah kupas
2
Sdm
20
Keju kacang tanah
2
Sdm
20
Kacang tolo
Sdm
25
Oncom
2
Ptg bsr
50
Tahu
1
Ptg bsr
100
Tempe
2
Ptg sdg
50

Satu sajian susu otau olahannya setara dengan satu jenis dari susu atau produk olahannya dibawah ini:
Baha Makanan

URT
Berat
Gram
Joghurt
1
Gls
200
Susu kambing
¾
Gls
150
Susu kental tak manis
½
Gls
100
Susu kerbau
½
Gls
100
Susu sapi
1
Gls
200
Tepung sari kedele
4
Sdm
25
Tepung susu skim
4
Sdm
20
Tepung susu whole
5
Sdm
25











Pada puncak piramida terdapat yang banyak mengandung gula atau garam. Makanan yang mengandung gula sangat berguna ketika nafsu makan anda sangat menurun. Anda tidak perlu segan-segan untuk mengkonsumsi makanan ini jika memang anda menyukainya, tapi perlu anda ingat bahwa gula sendiri hanya mengandung kalori tetapi tidak mengandung zat gizi penting yang lain oleh karena itu tidak bisa dikonsumsi terus menerus tanpa ada tambahan dari bahan makanan yang lain. Garam dianjurkan hanya dikonsumsi secukupnya saja untuk menambah sedap makanan dan selera anda.


Comments

Popular posts from this blog

MATERI GIZI SEIMBANG UNTUK BUMIL DAN BUTEKI