DIARE

TIPS BAGI ANDA YANG DIARE

Apa itu diare?
Diare atau sering juga disebut mencret atau berak-berak adalah jika anda buang air besar lebih sering dari biasanya (lebih dari 3 kali sehari) dengan air besar yang lebih encer. Bisa disertai dengan sakit perut, mual dan muntah, panas badan.
Hasil gambar untuk diare
Diare yang ringan biasanya berlangsung 2-3 hari dan bisa sembuh sendiri, tapi kalau berkepanjangan bisa sangat berbahaya. Disebut diare berkepanjangan jika anda diare lebih dari satu bulan dengan sedikitnya buang besar yang encer dua kali sehari. Jika diare anda sudah lebih dari tiga hari lebih baik anda ke dokter untuk berkonsultasi.

Apa penyebabnya?
Diare bisa disebabkan oleh karena:
1.    infeksi kuman, mudah terjadi jika daya tahan tubuh sangat menurun, kebersihan makanan dan minuman tidak terjaga dengan baik
2.    efek samping beberapa obat anti HIV (anti retroviral)
3.    malabsorbsi makanan, yaitu gangguan penyerapan zat makanan terutama penyerapan makanan yang berlemak.

Berbahayakah diare?
Jawabannya ya.
Diare bisa meyebabkan kematian karena dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dan elektrolit/garam darah (mineral-mineral seperti Natrium dan Kalium  yang penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi sel-sel dan organ-organ tubuh seperti jantung dan otak).
Apa tanda-tanda jika anda sudah  kehilangan cairan tubuh yang berlebihan:
  • rasa haus yang sangat
  • kencing yang lebih sedikit dan berwarna lebih coklat
  • kulit dan mulut terasa kering
  • pusing-pusing dan badan terasa lemah
gejala-gejala diatas bisa berlanjut ke gejala-gejala yang lebih berat jika tidak segera teratasi seperti kesadaran menurun bahkan koma.

Apa yang anda bisa lakukan jika diare?
1.        Minum sebanyak munkin untuk mengganti cairan yang hilang. Anda bisa minum air putih, teh encer, air kelapa, jus buah, sirup yang diencerkan, air tajin, atau oralit. Jika anda tidak punya oralit maka anda bisa menggantinya dengan salah cara dia bawah ini:
a)         anda bisa membuat larutan gula garam  dengan cara: campurkan dalam satu liter air putih ½ sendok teh garam dan 8 sendok teh gula pasir. Cairan ini diminum segelas tiap kali muntah atau berak.
b)        Anda bisa larutan sereal dengan menambahkan ke dalam satu liter air bersih setengan sendok teh garam dan 8 sendok tepung beras atau tepung maizena. Didihkan selama 5 sampai 7 menit sampai menjadi cairan seperti bubur encer. Dinginkan cairan dengan cepat. Diminum sesuai dengan larutan gula garam.
c)         Air tajin banyak dianjurkan karena juga mengandung zat hidrat arang dan protein untuk menambah tenaga, serta mempermudah penyerapan elektrolit.
Jangan minum alcohol atau kopi karena bisa memperberat diare. Hindari pula minuman yang bersoda.
2.        Makan dalam porsi yang lebih kecil dan lebih sering.
Nasi putih atau roti sangat baik karena bisa mengurangi diare
3.        Hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
4.        Kurangi minum susu dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula karena bisa memperberat diare
5.        Banyak makan buah yang banyak mengandung mineral terutama kalium seperti pisang, tomat, jeruk, orange, apel. Jika mungkin makanlah 2 sampai 3 buah per hari. Lebih baik jika anda memakan buah-buahan ini tanpa kulitnya
6.        Hindari makanan yang berlemak seperti gorengan, sosis, mentega, makanan bersantan, coklat karena bisa memperberat diare.
7.        Hindari dulu makan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang ijo, kedele karena bisa memperberat diare
8.        Jika gejala diare mulai membaik, anda bisa kembali diet normal yang seimbang secara bertahap tapi jika berkepanjangan segeralah ke dokter untuk berkonsultasi.




Comments

Popular posts from this blog

MATERI GIZI SEIMBANG UNTUK BUMIL DAN BUTEKI