REFLEK BAYI

PERLUKAH PEMERIKSAAN GERAK REFLEK PADA BAYI?

Pemeriksaan reflek pada bayi perlu dilakukan dan mempunyai arti yang sangat penting karena merupakan salah satu penilaian untuk mengetahui perkembangan fungsi sistem syaraf pusat dan koordinasi motorik bayi. Pemeriksaan reflek ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang piawai yang mana tidak hanya menilai ada tidaknya reflek tetapi juga untuk mengetahui apakah reflek pada anak muncul secara simetris atau tidak.

Ada 6 reflek penting yang harus dimiliki bayi baru lahir. Yaitu:
1.       Reflek melangkah
Bila tubuh pada bagian bawah ketiaknya dalam posisi tegak (pastikan kepalanya tertopang dengan baik), lalu kakinya menyentuh bidang yang datar, maka secara otomatis bayi akan meluruskan tungkainya seolah – olah hendak berdiri. Ketika badannya dimiringkan kedepan, kakinya akan bergerak dan seakan – akan melangkah.
2.      Reflek mencari putting / rooting
Disaat sudut bibir bayi disentuh dengan tangan anda, bayi akan langsung memiringkan kepalanya kearah datangnya sentuhan dengan mulut yang terbuka. bila pipinya bersentuhan dengan payudara anda, bayi akan langsung memiringkan kepalanya dan mengarahkan mulutnya untuk mendapat ASI.
3.      Reflek menghisap / sucking
Pada saat bibir bayi disentuh dengan ujung jari, maka secara otomatis bayi akan membuka mulutnya dan mulai menghisap. Ketika putting susu masuk keddalam mulutnya bayi akan langsung menghisap ASI.
4.      Reflek menggenggam / babinski
Pada saat jari anda diletakan pada tengah telapak tangan atau dibawah jari kakinya maka jari – jari tangan atau kakinya akan menekuk dan mengerut seolah – olah ingin menggenggam atau menjepit dengan erat.
5.      Reflek moro
Pada saat anda memukul benda disekitar bayi keras – keras, menarik alas tidur atau mengangkat dan menurunkan tubuhnya secara mendadak maka kedua tangan dan kakinya akan merentang dan menutup lagi. Bersamaan dengan itu jari – jarinya menggenggam.
6.      Reflek leher asimetris tonik
Reflek ini agak sulit dilihat, akan tetapi dapat dinilai dengan membaringkan bayi, lalu memiringkan kepalanya kekiri atau kekanan. Tangan kiri bayi akan merentang lurus keluar, sedangkan tangan kanan akan menekuk kearah kepalanya. Reflek ini paling jelas dapat dilihat pada saat bayi berusia 2 bulan, tetapi akan menghilang pada usia 5 bulan.


Ada beberapa reflek yang tidak akan seterusnya ada. Bersamaan dengan pertambahan usia dan pertumbuhan fisik, beberapa reflek akan hilang atau reflek tersebut akan berkembang menjadi gerakan yang lebih terkontrol. Bahkan bila pada usia dimana harusnya sebuah reflek sudah hilang tetapi reflek tersebut masih ada segera konsultasikan kedokter. Hal tersebut merupakan gejala adanya gangguan perkembangan pada bayi. 

Comments

Popular posts from this blog

MATERI GIZI SEIMBANG UNTUK BUMIL DAN BUTEKI