CARA MENYIMPAN ASI PERAH

CARA MENYIMPAN ASI PERAH

1.    Disimpan dalam suhu ruangan ( 16 – 29oC)
Pada suhu ini ASIP segar bertahan selama 3-4 jam (optimal) dan 6-8 jam (jika kondisi sangat bersih), sedangkan ASIP yang sudah dicairkan hanya akan bertahan selama 4 jam saja. ASIP yang sudah dihangatkan disarankan untuk segera diminum dan sisanya hanya dapat disimpan dalam waktu 1 jam kedepan, penyimpanan lebih dari 1 jam maka ASIP harus dibuang.
2.    Disimpan dalam cooler bag /box/blue ice/ice gel /es batu (4-15 oC)
Pada suhu ini ASIP segar bertahan selama 24 jam dan ASIP yang sudah dicairkan atau dihangatkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Jika ada sisa setelah dicairkan atau dihangatkan maka harus dibuang.
3.    Disimpan dalam kulkas (0 – 4 oC)
Pada suhu ini  ASIP segar bertahan selama 3 hari (optimal) dan 8 jam (jika kondisi sangat bersih). ASIP beku yang sudah dicairkan dapat bertahan selama 24 jam dan ASIP yang sudah dihangatkan dapat bertahan selama 4 jam. Akan tetapi jika ada sisa ASIP yang tidak habis sudah tidak dapat dikonsumsi lagi / harus dibuang.
4.    Disimpan dalam frezer dengan kulkas 1 pintu (-15 oC)
Pada suhu ini ASIP segar bertahan selama 2 minggu. ASIP yang sudah dicairkan ataupun dihangatkan tidak boleh dibekukan kembali dan jika ada sisa susu setelah dicairkan ataupun dihangatkan dan tidak dikonsumsi sampai habis maka harus dibuang.
5.    Disimpan dalam frezer dengan kulkas 2 pintu (-18 oC)
Pada suhu ini ASIP segar bertahan selama 3 bulan (optimal) dan 6 bulan ( dapat diterima). ASIP yang sudah dicairkan ataupun dihangatkan tidak boleh dibekukan kembali dan jika ada sisa susu setelah dicairkan ataupun dihangatkan dan tidak dikonsumsi sampai habis maka harus dibuang.
6.    Disimpan dalam deep frezer (-20 oC)
Pada suhu ini ASIP segar bertahan selama 6 bulan (ideal) dan 12 bulan ( dapat diterima). ASIP yang sudah dicairkan ataupun dihangatkan tidak boleh dibekukan kembali dan jika ada sisa susu setelah dicairkan ataupun dihangatkan dan tidak dikonsumsi sampai habis maka harus dibuang.



Comments

Popular posts from this blog

MATERI GIZI SEIMBANG UNTUK BUMIL DAN BUTEKI